3 Tempat Wisata Pantai Paling indah di Sulawesi Barat

wisata sulawesi barat
wisata sulawesi barat

Potensi objek wisata di Sulawesi Barat yang paling besar yakni potensi wisata alamnya yang sangat eksotik, terutama yang paling menonjol pantai-pantainya yang berpasir putih dengan ombak yang bersahabat sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama disana. Pada artikel kali ini https://sedayubet.org/ akan membagikan 3 wisata pantai paling indah di Sulawesi Barat, Oke dari pada berlama – lama lagi, Langsung saja ini dia 3 Tempat Wisata Pantai Paling indah di Sulawesi Barat
1. Pantai Dato

Pantai Dato merupakan objek wisata pantai tropis di kawasan Sulawesi Barat dan menjadi tempat wisata andalan di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene. Pantai yang satu ini memiliki keunikan dan keistimeaan yakni paronama pantai tropis yang sangat indah dan pantai ini juga masih tergolong alami serta terjaga dengan baik. Pantai Dato merupakan tempat wisata keluarga yang ramai dikunjungi di saat akhir pekan maupun hari libur. Pantai Dato terbagi dari 2 bagian yaitu mempunyai pantai yang beralaskan karang dan pantai berpasir putih. Di lokasi pantai yang beralaskan karang ini terdapat batu karang raksasa yang terhubung dengan tangga dimana jalan untuk naik ke atas dan bisa menikmati pemandangan yang menajubkan. Puncak karang raksasa ini berketinggian 20 meter,dari puncaknya melihat kebawah sampai menembus permukaan air laut yang sangat jernih beserta ikan-ikan kecil yang bermain asik di dalamnya. Menikmati sunset di puncak karang adalah suatu moment yang sayang untuk di lewatkan, karena di tempat inilah keindahan sang surya tenggelam akan tampak jelas. Untuk berkunjung ke pantai ini bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, -+15 menit dari Kota Majene. Kondisi jalan sudah mulus, melewati hutan kecil serta rumah dan kebun penduduk tak luput dari itu Kita akan melihat indahnya bunga berwarna-warni di sepanjang perjalanan. Sesampainnya ditempat parkian, utuk menuju pantai harus menuruni tebing setinggi 30 meter melalui anak tangga yang sudah disediakan.

2. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra terletak di Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang berkilau dan hilir mudik perahu para nelayan. Selain itu di Pantai Manakarra adalah tempat berkumpulnya muda mudi yang ramai pada pukul 16:00-00:00 waktu setempat. Pantai ini juga berfungsi sebagai sentra perhubungan ( Pelabuhan Batu ) di Kota Mamuju. Biasanya pantai ini mereka manfaatkan untuk tempat melepas lelah dengan cara menikmati indahnya pantai. Adapun Event tahunan yang sering diselenggaakan di Pantai Manakarra biasanya dilakukan pada hari ulang tahun Kota Mamuju dan hari kemerdekaan RI. Sebagai contoh pada tahun 2007 pernah di selenggarakan pesta bakar ikan 8 ton di atas bara api sepanjang 4.300 meter. Pada malam tiba Pantai Manakarra akan di hiasi oleh lampu berwarna merah dari kapal feri yang akan berlabuh maupun berangkat. Di sepanjang pesisir akan mudah dijumpai beragam kios yang menjual berbagai dagangannya, jadi segala yang Kalian butuhkan cukup mudah didapat. Tepatnya pada bulan Agustus dan September ialah masa panen buah durian dan jeruk khas Kota Mamuju yang bisa dibawa untuk oleh-oleh. Akses menuju Pantai Manakarra bisa menggunakan via angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Perjalanan bisa di mulai dari Bandara Tampa Padang menuju kelokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

3. Pantai Mampie

Objek wisata Pantai Mampie berlokasi di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamata Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, yakni merupakan pantai yang bersih sejuk dengan pemandangan yang indah. Didalam lokasi pantai terdapat fasilitas puluhan gazebo di antara pohon kelapa yang rindang untuk dijadikan tempat istirahat, dan dapat Anda pakai setelah menyewanya dari pihak pengelola. Dipantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas wisata seperti banana boat, wahana bebek dan perahu dengan cara menyewanya dapat menikmatinya. Untuk masuk kedalam objek wisata ini diharuskan membayar reribusi sebesar Rp 3.000 / orang, yang diserahkan kepada pengelola pantai dalam sekali kunjungan. Tingkat kunjungan di Pantai Mampie mencapai puncaknya saat hari libur, akhir pekan dan setelah perayaan hari Raya Idul Fitri. Pengunjung akan ramai pada moment-moment tersebut hanya untuk berwisata menikmati suasana pantai dan berbagai fasilitas yang disediakan. Pantai Mampie membujur sepanjang 3 km dan tepat meghadap selat Makassar. Objek wisata ini dapat di akses sekitar 9 km dari jalan raya Trans Sulawesi, melalui Tumpiling di tempuh selama 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Selama perjalanan Anda akan di suguhi pemandangan tambak dan persawahan penduduk yang indah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*